Berwisata Religi Ke Makam Sunan Kalijaga Demak

Category : Demak, wisata
Berwisata Religi Ke Makam Sunan Kalijaga Demakby isniawebon.Berwisata Religi Ke Makam Sunan Kalijaga DemakMomentum paling pas berziarah ke lokasi-lokasi yang punya catatan sejarah terkait perkembangan agama adalah saat bulan Ramadhan. Ziarah pun tak melulu harus ke Timur Tengah, mengingat pertimbangan waktu dan biaya. Cukup di dalam negeri, yang penting perjalanannya nyaman dan tujuan ibadah tercapai. nah untuk kenyamanan perjalanan anda.. kami menyediakan jasa sewa Elf murah jika anda […]

Momentum paling pas berziarah ke lokasi-lokasi yang punya catatan sejarah terkait perkembangan agama adalah saat bulan Ramadhan. Ziarah pun tak melulu harus ke Timur Tengah, mengingat pertimbangan waktu dan biaya. Cukup di dalam negeri, yang penting perjalanannya nyaman dan tujuan ibadah tercapai. nah untuk kenyamanan perjalanan anda.. kami menyediakan jasa sewa Elf murah jika anda ingin mengajak keluarga anda.atau sampai satu RT bisa.. 😀 . Bagi sebagian masyarakat Indonesia, wisata ziarah ke lokasi-lokasi religius memang telah menjadi salah satu upaya menjaga semangat beribadah. Semangat berpuasa Ramadhan pun bukan pengecualian lantaran butuh penambah semangat tersendiri.

Banyak sekali destinasi wisata di kota demak, Salah satu destinasi wisata tersebut ialah Petilasan Sunan Kalijaga, petilasan ini terletak di Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon. Letaknya cukup strategis, karena tak jauh dari terminal Harjamukti Cirebon dan bandara. Jaraknya hanya sekira 700 meter dari terminal, dan 600 meter dari bandara.

Umtuk setiap tahunnya makam ini sangat ramai pengunjung,apalagi nih… pada saat bulan ramadhan, bulan yang penuh dengan keberkahan dimana pada bulan  ini orang-orang muslim meminta doa , ya… seperti do’a keselamatan ,do’a di lancarkan rejekinya dan juga do’a-do’a lainnya.

Sunan Kalijaga atau Sunan Kalijogo , adalah pemimpin para Wali di tanah Jawa. Sunan Kalijogo sangat melegenda di Masyarakat Jawa.

Dalam pendekatan diri kepada Allah swt, Sunan Kalijogo menggunakan dzikir sebagai sarananya. Berbagai macam bacaan dzikir beliau ajarkan kepada muridnya , begitupun cara berdzikirnya, mulai dzikir lisan, dzikir nafas , dzikir kolbu, dzikir ruh, dzikir perbuatan dll.

Beliau mengajarkan Dzikir kepada seseorang sesuai dengan tingkat ketaqwaan atau maqom orang tersebut, jadi wajar saja jika di masyarakat banyak yang mengaku bersumber dari ajaran Sunan Kalijaga, meskipun mereka berbeda baik bacaan maupun caranya berdzikir.

Di Petilasan Sunan Cirebon Anda akan melihat bagaimana latar tempat penyebaran Islam yang dilakukan Sunan Kalijaga di Cirebon. Di tempat ini kabarnya salah seorang Wali Songo yang berpengaruh di Kerajaan Mataram tersebut melakukan berbagai aktivitasnya terkait penyebaran Islam. Di antaranya pertemuan-pertemuan dengan orang-orang penting di Cirebon pada masa itu, serta menjadi tempat pengajaran Islam bagi murid-muridnya.

Di salah satu sisi kawasan petilasan terdapat sumur tua. Selain itu juga terdapat masjid keramat, dan makam murid kepercayaan Sunan Kalijaga. Bangunan ini berdenah bentuk huruf L terdiri tiga ruangan. Ruangan pertama merupakan tempat bagi para peziarah untuk memanjatkan doa, yang dapat dimasuki melalui pintu pertama yang disebut pintu bacem.

Ruang kedua merupakan tempat beberapa makam kuno, dan ruangan ketiga merupakan bekas tempat tidur Sunan Kalijaga yang ditutup dengan kelambu. Pada sebelah barat bangunan terdapat makam pengikut dan kerabat Sunan Kalijaga. Bagian ini dibatasi dengan dengan kuta kosod (susunan bata merah) setinggi 1.120 cm dan tebal 190 cm.

Keseluruhan kawasan petilasan Sunan Kalijaga ini memiliki luas 120.000 meter persegi. Sebagian besarnya masih hutan. Di dua sisi kawasan terdapat sungai, yakni sungai Masjid dan sungai Simandung. Di hutan ini terdapat puluhan kera ekor panjang.

Sampai saat ini, kera-kera tersebut menjadi mitos di kalangan warga sekitar. Kera-kera tersebut seakan-akan jinak atau tidak mengganggu pengunjung. Kera akan ribut bila melihat pengunjung tampak membawa makanan. Biasanya kera berkumpul di area parkir atau jembatan sungai di kawasan Petilasan Sunan Kalijaga.

tidak jauh dari makam, terdapat masjid yaitu masjid agung demak, Dulunya masjid ini di bangun oleh walisongo hanya dengan waktu satu malam, wow… sungguh hebat bukan, jika anda berminat untuk berkunjung tetapi belum punya kendaraan pribadi, anda bisa mencoba sewa mobil murah, sewa mobil elf, atau juga sewa mobil  daerah demak yang siap mengantar anda kemanapun .

 

 

Avatar for isniaweb

Author: 

Related Posts

Leave a Reply