5 Cara Mengecek Kerusakan Pada Mesin Karburator

Category : Tips Estutrans
5 Cara Mengecek Kerusakan Pada Mesin Karburatorby estutranswebon.5 Cara Mengecek Kerusakan Pada Mesin Karburator5 Cara Mengecek Kerusakan Pada Mesin Karburator   Karburator adalah sebuah alat untuk mencampur udara dan bahan bakar untuk sebuah mesin pembakaran dalam. Karburator masih digunakan dalam mesin kecil dan dalam mobil tua ataupun jikalau anda menemukan saat Tips Membeli Mobil Bekas atau khusus seperti yang dirancang untuk balap mobil stok. Kebanyakan mobil yang diproduksi […]

5 Cara Mengecek Kerusakan Pada Mesin Karburator

 

Karburator adalah sebuah alat untuk mencampur udara dan bahan bakar untuk sebuah mesin pembakaran dalam. Karburator masih digunakan dalam mesin kecil dan dalam mobil tua ataupun jikalau anda menemukan saat Tips Membeli Mobil Bekas atau khusus seperti yang dirancang untuk balap mobil stok. Kebanyakan mobil yang diproduksi pada awal 1980-an telah menggunakan injeksi bahan bakar elektronik terkomputerisasi. Mayoritas sepeda motor masih menggunakan karburator dikarenakan lebih ringan dan murah, namun pada 2005 sudah banyak model baru diperkenalkan dengan injeksi bahan bakar.

Fungsi karburator adalah untuk mengabutkan bahan bakar yang telah dicampur dengan udara bersih, sehingga diperoleh perbandingan yang sempurna, yang kemudian disemprotkan pada ruang bakar (combustion chamber). Dengan perbandingan yang benar maka kendaraan akan mencapai performa dan kecepatan maksimal. Setting karburator motor atau melakukan cara seperti Rental Mobil Semarang yang mana dilakukan oleh mereka yang ahli di bidangnya. Namun demikian anda tetap dapat mempelajarinya.

Cara kerja karburator : Secara umum prinsip atau cara mengecek kerusakan pada mesin karburator pada mobil ataupun Sewa Bus Pariwisata Jepara sederhana. Ketika mesin distater atau di engkol ( sepeda motor ) maka piston akan bergerak maju mundur. Pada gerakan mundur merupakan gerakan hisap yang berarti menghisap udara didepannya ( sistem karburator ), sehingga dengan sendirinya bahan bakar + udara bersih akan terhisap. Bersamaan dengan itu pemantik (busi) akan menyala, sehingga terjadi pembakaran diruang mesin dan melakukan / mendorong piston. Kejadian ini terjadi berulang ulang, semakin tinggi gas ditekan maka semakin cepat putaran piston.

 

Berikut ini kami menyajikan 5 Cara Mengecek Kerusakan Pada Mesin Karburator :

 

1.    Putaran Mesin (Rpm) Yang Lemah

Saat menarik tuas gas hingga seperempat dari ukuran seharusnya, putaran mesin ternyata tidak mau naik. Alhasil motor seperti sulit untuk dijalankan. Hal ini terjadi karena bahan bakar yang masuk ke lubang venturi karburator sedikit, sebaliknya suplai udara yang masuk lebih banyak.

Solusinya :

  • Agar campuran udara dan bahan bakar seimbang, sebaliknya gunakanlah jarum skep (throttle) yang berukuran lebih kecil.
  • Agar udara yang masuk ke venturi dapat ditekan kuat ke arah ruang bakar, putarlah skep setelan udara ke arah jarum jam atau mengencangkannya.
2. Mesin Kendaraan Tersendat-Sendat

Hal ini dikarenakan campuran bahan bakar yang ada di venture (lubang karburator) dengan udara tidak seimbang/tidak cukup banyak. Sehingga berpengaruh pada proses pembakaran. Inilah kenapa motor jadi mrebet. Karena hentakan tenaga untuk mendorong piston juga lemah hasil dari pengaruh diatas.

Solusinya :

  • Untuk memudahkan dan memperbanyak suplai udara kedalam mesin Mobil ataupun untuk Sewa travel demak dengan bahan bakar, putarlah setelan sekrup udara searah jarum jam atau arah menutup.
  • Posisi pilot jet pindahkan ke tingkat yang lebih besar.
  • Untuk membuat campuran udara dan bahan bakar di venturi yang akan disemburkan ke ruang bakar mesin lebih besar, sebaiknya segera ganti jarum skep atau throttle dengan jarum yang memiliki diameter lebih kecil.
3.  Tarikan Performa  lemah

Tarikan lemah ini disebabkan oleh campuran bahan bakar dan udara yang tidak sempurna (kering). Untuk mengatasi hal tersebut, gantilah main jet dengan ukuran yang lebih besar.

4. Motor Mengeluarkan Asap Hitam

Jika Mobil, Motor ataupun Sewa Bus Medium pariwisata banyak mengeluarkan asap hitam, artinya karburator tersebut terlalu basah. Hal ini terjadi karena suplai bahan bakar ke lubang venturi terlalu banyak dari takaran yang seharusnya. Dan berbanding terbalik dengan udara yang masuk terlalu sedikit.

Solusinya :

  • Untuk memperbanyak udara di venturi, putarlah sekrup setelan udara ke luar atau ke arah melepas.
  • Gantilah segera Anti pilot jet ke nomor yang lebih kecil.
  • Gantilah jarum skep (throttle) dengan jarum yang berukuran lebih besar.
5.      Tenaga Mesin Menurun (ngedrop) dan Kecepatan Melemah

Jika tenaga mesin ngedrop dan kecepatan melemah, hal ini terjadi karena campuran udara dan bahan bakar di karburator terlalu banyak atau melebihi takaran yang semestinya. Kondisi seperti ini lazimnya disebut ”banjir”.

Solusinya :

  • Segera lepas karburator dan lakukanlah penyetelan pada jarum pencampuran udara dan bahan bakar. Gunakanlah main jet berukuran kecil agar pencampuran udara dan bahan bakarnya lebih sempurna lagi. Selain itu, janganlah lupa untuk melepas busi dan membersihkan bagian kepalanya serta lakukanlah penyetelan terhadap jarak antara pemantik busi dengan sumbu agar proses pengapian lebih baik lagi.

 

Itulah 5 Cara Mengecek Kerusakan Pada Mesin Karburator pada Mobil semoga bermanfaat dan sukses selalu.

Terima kasih.

Avatar for estutransweb

Author: 

Related Posts

Leave a Reply